Bayi dari Ibu dengan Tuberkulosis

IBU DENGAN TUBERKULOSIS

Pengertian: Tuberkulosis pada neonatus biasanya berat dan angka kematiannya cukup tinggi karena sulit untuk diagnosis dan sangat mudah terjadi penyebaran ekstra pulmonar . TBC yang berat pada bayi tersebut (meningitis, milier).
Penemuan dan pengobatan ibu hamil dengan tuberkulosis secara dini adalah cara yang paling efisien untuk mencegah tuberkulosis pada neonatus. Tuberkulosis pada neonatus bisa kongenital (didapat in utero) atau neonatal (didapat segera setelah lahir) dari ibu, penolong persalinan, pengasuh.Tuberkulosis kongenital bisa terjadi melalui plasenta, inhalasi,ingesti(menelan) cairan amnion yang terinfeksi . Tuberkulosis neonatal terjadi melalui menghirup droplet yang terinfeksi, menelan droplet yang terinfeksi, menelan susu yang terinfeksi dan kontaminasi dari kulit atau selaput lendir yang terluka .Gejala-gejala yang sering terdapat pada TB kongenital adalah hepatosplenomegali, distres nafas, panas, limfadenopati, distensi abdomen, letargi.

Tujuan : Mencegah kejadian tuberkulosis pada neonatus.

Kebijakan : Tuberkulosis merupakan kasus cukup berat yang harus ditangani segera

Prosedur : *Bila ibu menderita tuberkulosis paru aktif dan mendapat pengobatan kurang dari 1 bulan sebelum melahirkan, atau didiagnosis TBC setelah melahirkan:
– jangan diberi vaksin BCG saat setelah lahir.
– Beri profilaksis Isoniazid 5 mg/kg sekali sehari secara oral
– Pada umur 8 minggu lakukan evaluasi kembali, cacat berat badan dan lakukan pemeriksaan tes mantoux dan radiologi bila memungkinkan.

• tunda pemberian vaksin BCG sampai 2 minggu setelah pengobatan selesai. Bila vaksin BCG sudah terlanjur diberikan, ulang pemberiannya 2 minggu setelah pengobatan selesai.
• Yakinkan ibu agar ASI tetap diberikan.
• Lakukan tindak lanjut terhadap bayinya tiap 2 minggu untuk menilai kenaikan berat bayi .

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: