stase neuro

lama koas stase neuro di fk ugm/sardjito tuh 4minggu. hari pertama, jam7pagi kita datang ke bangsal saraf, yaitu di ruang B3 lantai3 IRNA1 RS Sardjito. sekretariatnya tuh di depan nurse station. sedangkan ruang kerja staf, perpustakaan bagian neuro, dan ruang pertemuan ada di lantai dasar/basement.

minggu1 = stase bangsal
minggu2 = stase poli
minggu 3 = stase luar kota
minggu 4 = minggu ujian + melengkapi urusan administrasi

setiap selasa dan kamis kita harus ikut pertemuan ilmiah pagi jam 8. pada pertemuan ini, koas, residen dan staf ngumpul semua. ada absennya juga.

trus tiap hari sekitar jam 7pagi, ada visite dr.Ismail di unit stroke. ga ada absen siy,tapi kalo pengin dapat ilmu dari beliau, kita ikuti aja visitenya, soalnya beliau klo visite tuh sambil ngasih “wejangan” buat residen n koas.

minggu pertama, kita kerjaannya di bangsal melulu. koas minggu1 tuh wajib jaga malam. kalo memang bener-bener pengin belajar siy, bagusnya 1minggu penuh, kita jaga malam. kita amati+pelajari kasus-kasus pada pasien yang dirawat di bangsal dan di unit stroke. tapi dalam prakteknya sih, kita dibagi shift2an dengan anggota kelompok yang lain.. lagian capek lah klo tiap hari jaga malam^^.

minggu kedua, stase poli. kita pagi hingga siang, belajar dengan pasien2 yang ada di poli. klo pasien2 yang ada di bangsal, diagnosisnya penyakitnya tuh udah pada “jadi”, kalo di poli tuh lain. kita bener2 blum tau diagnosis dari pasien, kecuali kalo pasien lama/kontrol. dan tugas kita lah untuk mencari tau penyakit dari pasien, dan lalu mengobatinya.

koas minggu2 tuh ga wajib jaga. kecuali jika tidak ada koas baru(adik minggu) yang masuk.

minggu3, stase luar kota. kita nanti di suruh memilih, mo ke banyumas ato klaten. dr.Abdul Ghofir bilang siy, klo bener2 pengin belajar, maka pilih lah ke banyumas. disana nanti bakal bener2 di bimbing oleh dr.Tjipto.

klo aku siy, berhubung rumahku kebumen, so kalo aku disuruh milih antara banyumas ato klaten, aku lebih milih banyumas, coz aku bisa sekalian mampir pulang^^. en ternyata emang bener kok, dr.Tjipto menurutku teope begete deh ngajarinnya. aku ngerasa 1minggu di banyumas tuh dapet lebih banyak dibandingkan 2minggu di sardjito. di banyumas tuh aku banyak mendapat pencerahan^^.

di banyumas, disana dokter staf neuro nya cuman 1, yaitu dr.Tjipto.
kegiatan selama di banyumas adalah:
hari senen kita cuman diberi pengarahan dan tugas+jadwal untuk 1minggu ke depan. kita siapin presentasi buat hari selasa, en mbagi pasien yang harus kita follow up.

hari selasa kita presentasi materi/dasar teori suatu kasus yang kita temui di poli pada hari senen, misalnya kejang atau mulut mengo, penurunan kesadaran, dll.

hari rabu, presentasi lebih ditekankan ke kasus yang kita temui di klinik/bangsal. kita bandingkan antara kasus yang ada di pasien dengan teori dari textbook, yang kita presentasikan pada hari senin.

hari kamis pagi, jam setengah8, kita visite bersama. kita harus mempresentasikan pasien yang kita follow up kepada dr.Tjipto langsung di depan pasiendi bangsal. jadi kita harus tau pasien yang kita followup, mulai dari riwayat penyakitnya, diagnosis, pengobatan, dll. kalo sampe kita ga care dengan pasien, tuh bakal ketahuan oleh dr.Tjipto,trus kita bakal di marah2in deh di depan pasien n perawat. jangan sampe lah. malunya minta ampun loh kalo sampe kena marah di depan pasien (coz aku udah pernah nih,percaya deh^^, jangan ditiru ya)

hari jumat acaranya adalah refleksi kasus. jadi kita membuat suatu laporan tertulis secara individu. kita pelajari dan diskusikan dengan dr.Tjipto dan anggota kelompok lain, apa masalah dari suatu kasus pada pasien.

hari sabtu, kita menyelesaikan administrasi, dan lalu bisa pulang kembali ke jogja^^.

nah, minggu ke4 stase neuro ini adalah minggu ujian n menyelesaikan administrasi.

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: